PBAK FEBI 2022, Memacu Mahasiswa Berprestasi dan Selesai Tepat Waktu

  • 01 September 2022
  • 09:03 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin berlangsung selama 2 hari (30-31 Agustus 2022) dan terlaksana dengan lancar dan terkendali, yang sebelumnya juga telah dilaksanakan satu hari penuh pada tingkat universitas. PBAK di FEBI tahun ini mengusung tema “melalui peradaban ekonomi kita merajut semangat literasi digital”. Tema ini dipandang penting, karena maba ini baru saja beranjak dari siswa menjadi mahasiswa, tentu membutuhkan penyesuaian dalam belajar, dan dituntut meningkatkan minat bacanya. 

PBAK tersebut dilaksanakan dengan kepanitian yang melibatkan unsur dosen, tenaga kependidikan, dan fungsionaris lembaga kemahasiswaan, yang meliputi SEMA, DEMA, dan HMJ lingkup fakultas. Untuk narasumber setiap sesinya sesuai dengan bidangnya masing-masing, dibawakan oleh Dekan, Wakil Dekan, Kepala Tata Usaha, Ketua dan Sekretaris Jurusan, para kepala laboratorium, dan para ketua SEMA, DEMA, dan HMJ. Selain itu, ada materi tentang gender dari PSGA, dan penegakan disiplin dan kode etik dari KPKE.

Dekan FEBI, Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag. dalam pidato pembukaan PBAK ini, menyambut baik atas kelulusan maba FEBI tahun akademik 2022/2023. “Ribuan peminat yang ingin kuliah di FEBI ini, namun anak-anakku yang ada di dalam Aula inilah yang terjaring dan mampu bersaing, sehingga bisa kuliah FEBI UIN Alauddin” ujar Prof. Abustani. Dekan juga berharap untuk senantiasa meningkatkan prestasinya saat kuliah nanti dan mampu menyelesaikan studinya tepat waktu, kurang dari 4 tahun.

PBAK FEBI ini dihadiri keseluruhan mahasiswa barunya sebanyak 639 mahasiswa. Adapun rinciannya, untuk jurusan Ekonomi Islam 124 mahasiswa, jurusan Manajemen 131 mahasiswa, jurusan Ilmu Ekonomi 129 mahasiswa, jurusan Akuntansi 131 mahasiswa, dan jurusan Perbankan Syariah 124 mahasiswa. Di hari kedua PBAK, mahasiswa baru diperkenalkan dengan jurusannya masing-masing, termasuk penasehat akademiknya (dosen PA). Dalam sesi ini, mahasiswa dibekali cara belajar yang efektif, peningkatan prestasi akademik dan non akademik, beasiswa, motivasi untuk lulus dengan predikat cumlaude, dan tepat waktu.

Di sela-sela pelaksanaan PBAK di Fakultas ini, hari pertama mendapatkan kunjungan dari Kepala Biro AUPK UIN Alauddin, Dr. H. Bustan Ramli, M.Si., yang sekaligus memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk sukses dalam perkuliahan dan terus untuk belajar. Di hari kedua, PBAK di FEBI dikunjungi oleh Rektor Prof. H. Hamdan Juhannis, MA., Ph.D. yang didampingi Kepala Biro AAKK Dr. H. Kaswad Sartono, M.Ag. Rektor menyampaikan apreasiasi PBAK di FEBI yang terlaksana dengan sangat baik dan juga memgapreasi mahasiswa baru yang menentukan pilihannya kuliah di FEBI, karena FEBI adalah fakultas yang keren, hampir semua prodinya berakreditasi A, dan lulusannya tidak ada yang menganggur. 


Kontributor   : MW Abdullah

Editor             : Farid Fajrin

Berita Terkait