Perkenalkan Ekonomi Islam Kepada Mahasiswa Baru, FEBI Laksanakan Studium Generale

  • 02 September 2022
  • 12:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin menggelar studium generale mahasiswa baru  tahun akademik 2022/2023 pada Kamis (1/9/2022) di Gedung Aula FEBI.

Studium general kali ini mengambil tema "Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Ekonomi Kontemporer".

Studium general ini dihadiri 639 mahasiswa baru FEBI yang telah mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) selama tiga hari yaitu dari tanggal 29-31 Agustus.

Hadir sebagai keynote speaker Prof. Dr. Abustani Ilyas, M.Ag, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar dan Ust. Harsya Bachtiar, Lc., M.A. yang merupakan Alumni Islamic Univesity of Madinah dan saat ini aktif sebagai dosen di Sekolah Tinggi Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar.

Dalam Pemaparannya Prof. Abustani menekankan tentang pentingnya mengaplikasikan nilai-nilai ekonomi Islam dalam kehidupan seorang muslim. Selanjutnya Ustaz Harsya sebagai pemateri utama menjelaskan tentang perbedaan antara ekonomi Islam dengan sistem ekonomi lainnya. Beliau juga menyebutkan di antara penyebab rusaknya muamalah yaitu haramnya barang/objek yang ditransaksikan, merebaknya riba, penipuan dan gharar, syarat yang rusak, serta rusaknya ukhuwah.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian cendera mata dari pihak FEBI yang diserahkan langsung oleh dekan kepada pemateri dan dilanjutkan dengan foto bersama.   

A Syathir Sofyan, S.E.I., M.E. selaku ketua panitia kegiatan ini berharap Semoga ke depan banyak ahli ekonomi yang diundang termasuk alumni yang telah sukses berkarir, agar memberikan inspirasi bagi mahasiswa FEBI.

 

Kontributor: Farid Fajrin

Berita Terkait